Cindelaras


Pada masa kejayaan Kerajaan Jenggala, Raja Putra didampingi seorang permaisuri baik hati serta seorang selir yang dengki. Mereka hidup di istana yang megah dan damai, sebelum akhirnya sang selir merencanakan keburukan pada permaisuri. Selir ingin menggantikan posisi permaisuri.

Selir berkomplot dengan tabib istana untuk melancarkan rencananya. Selir berpura-pura sakit parah hingga tabib istana pun dipanggil untuk mengobati. Setelah memeriksa, tabib mengatakan bahwa ada racun yang terminum oleh tuan putri selir. 

“Orang itu tak lain adalah permaisuri Baginda,” kata tabib setengah berbisik. Baginda pun murka dan segera memerintahkan patih mengusir permaisuri, membawanya ke hutan untuk dibunuh. Dengan taat Sang Patih membawa permaisuri yang sedang mengandung itu ke hutan belantara. Hanya saja Patih yang bijak tidak mampu membunuh sang permaisuri. Dalam hatinya Sang Patih mengetahui niat jahat istri selir. 

“Tuan putri terpaksa saya tinggalkan di hutan, hamba mohon maaf tidak bisa menemani, dan hamba akan melapor sudah membunuh tuan Putri,” kata patih. Untuk mengelabui, sang patih melumuri pedangnya dengan darah kelinci.

Bulan demi bulan berlalu, dan Permasusri yang ada di hutan melahirkan seorang anak laki-laki. Ia diberi nama Cindelaras, seorang anak yang cepat tumbuh dan cerdas berwajah tampan. Karena hidup di hutan maka ia juga berteman dengan penghuni hutan. 

Suatu hari ketika sedang bermain, seekor rajawali menjatuhkan sebutir telur ayam. Cindelaras mengambil dan menetaskannya. Setelah 3 minggu, telur itu menetas jadi anak ayam yang lucu. Cindelaras memeliharanya dengan rajin hingga anak ayam itu tumbuh jadi ayam jantan yang gagah dan kuat. 

Anehnya, kokok ayam itu rbeda, “Kukuruyuk… Tuanku Cindelaras, rumah di tengah alas, atapnya daun klaras, ayahnya Raden Putra....” Cindelaras memperlihatkan kokok ayam jago itu pada ibunya dan minta diceritakan mengapa mereka tinggal di hutan. Demi mendengar cerita ibunya, Cindelaras bertekad mendatangi istana. 

Cindelaras pun pergi ke istana ditemani ayam jagoonya. Dalam perjalanan, saat menjumpai orang menyabung ayam, Cindelaras ditantang ikut adu ayam. Ketika diadu ternyata ayam jantan Cindelaras dapat menyelesaikannya dengan singkat. Meski diadu beberapa kali ayam Cindelaras tidak terkalahkan.

Kehebatan ayam Cindelaras tersiar luas hingga merambat ke Istana. Raden Putra pun mendengar berita itu dan memerintahkan hulubalang mengundang Cindelaras. 

“Hamba menghadap paduka,” kata Cindelaras dengan santun. “Anak ini tampan dan cerdas, sepertinya bukan keturunan rakyat jelata,” pikir baginda. Cindelaras ditantang mengadu jagonya dengan ayam Raden Putra. Cindelaras tidak berniat menolak tantangan itu, tapi ia dihadapkan dengan satu syarat. Jika ayamnya kalah, Cindelaras harus bersedia dipancung. Sebaliknya, jika ayam Cindelaras menang, setengah kekayaan Raden Putra jadi milik Cindelaras.

Ayam pun ditarungkan. Dalam waktu singkat ayam Cindelaras berhasil menaklukkan ayam Raja. Penonton pun bersorak sorai, lupa kalau Raja Putra justru bersedih karena kehilangan separuh kekayaannya. 

“Baiklah aku tepati janjiku. Tapi siapakah engkau sebenarnya?” Cindelaras segera membisiki ayamnya. Tidak berapa lama, “Kukuruyuk… Tuanku Cindelaras, rumah di tengah alas, atapnya daun klaras, ayahnya Raden Putra... ” begitu kokoknya berulang-ulang. 

Raden Putra terperanjat, “Benarkah itu?” Tanya baginda keheranan. “Benar Baginda, nama hamba Cindelaras, ibu hamba permaisuri Baginda.”

Bersamaan dengan itu sang patih pun menghadap dan menceritakan peristiwa yang dilakukannya pada permaisuri. “Aku telah melakukan kesalahan,” kata Raden Putra. “Aku akan memberikan hukuman yang setimpal pada selirku,” lanjutnya dengan murka. 

Raden Putra segera memeluk anaknya dan meminta maaf atas kesalahannya. Setelah itu Raden Putra dan hulubalang segera menjemput permaisuri ke hutan, dan selir Raden Putra pun di buang ke hutan. Akhirnya Raden Putra, permaisuri dan Cindelaras dapat berkumpul kembali. Setelah Raden Putra meninggal dunia, Cindelaras menggantikan kedudukan ayahnya. Ia memerintah negerinya dengan adil, bijaksana, penuh wibawa dan tiada cela.

3 komentar:

  1. Menambah pengetahuan untuk saya, cerita rakyat cindelaras.

    BalasHapus
  2. PinoQQ
    MAINPINOQQ.COM | MAINPINOQQ.ORG | MAINPINOQQ.INFO |
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID terbaik nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 9 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsasusun
    • Domino99
    • Poker
    • BandarPoker
    • Sakong
    • Bandar66
    • PerangBaccarat
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA : +855 96 978 7541
    • LINE : pino_qq

    Daftar PinoQQ
    PinoQQ
    PinoQQ
    Agen BandarQ
    Kartu Online
    PinoQQ
    Judi Online
    AgenSakong
    BandarQ

    BalasHapus